Rabu, 08 September 2010

Cinta,... haruskah selalu memiliki?


Sekitar dua minggu lalu... saya membaca reply di site saya..."Cinta itu tidak harus memiliki Mbak...". Kalimat yang pendek tapi cukup membuat kepala saya untuk memikirkannya lebih lanjut... Kenapa orang selalu bicara bahwa cinta itu tidak harus memiliki....Padahal dalam konsep saya dalam mencintai yaitu... "Mencintai itu harus memiliki..." kenapa hal itu yang berlaku untuk saya...?
Dimulai dengan rasa cinta itu sendiri (check my blog with title "Apa sih artinya cinta...?"), untuk saya cinta adalah suatu anugrah dari Allah yang sangat indah dan hadir setelah pernikahan yang diridlaiNya... Trus gimana dong...kok bisa cinta itu harus memiliki sih... Karena rasa memiliki yang ada didalam cintalah yang dapat membedakan cinta dengan perasaan yang lainnya... Sedangkan untuk memiliki sesuatu yang kita cintai maka kita harus mengembalikannya lagi kepada Maha Pemilik...artinya...jika kita ingin memiliki...cobalah untuk meminta izin terlebih dahulu kepada Sang Maha Pemilik, Allah. Memiliki hati apalagi raga seseorang...tidak akan menjadi indah apabila tidak diizinkan olehNya...karena semua adalah milikNya...

Cinta harus memiliki...., kalau tidak bisa memiliki sesuatu yang kita cintai... berhentilah untuk mencintai... karena itu berarti Allah tidak meridlai perasaan yang kita miliki... dan berarti perasaan itu bukan cinta... perasaan tanpa rasa ingin memiliki yang kerap kita kira 'love' itu adalah kasih sayang yang indah antar manusia satu dengan yang lainnya. Sementara cinta...haruslah dengan rasa ingin memiliki...sebab rasa memiliki lah yang membedakan cinta dengan kasih sayang.

"Apakah kita menikah dengan orang yang kita cintai dan ingin kita miliki....?"

Pernahkah kita menanyakan hal itu didalam diri kita...? Saya berharap kita semua menikah dengan seseorang yang kita cintai... Tapi apabila jawabannya kita tidak menikah dengan orang yang kita cintai dan ingin kita miliki... maka mulailah untuk mencintai apa yang sudah kita miliki dan mensyukuri apa yang telah ada... karena didalam pernikahan pasti ada cinta indah dariNya lengkap dengan rasa ingin memiliki... hanya mungkin terkadang kita lupa untuk menyiramnya supaya cinta itu tetap menyejukkan hati seperti sesaat setelah akad nikah dilaksanakan... dimana semua mimpi sedang kita susun dengan indahnya...

Pernikahan tidak selalu dijalani dengan senyum dan kebahagiaan.... ada sedih dan air mata didalamnya... yang terkadang tidak diketahui oleh banyak orang... Selama kita yakin bahwa kita menjalani pernikahan dengan orang yang kita cintai dan diridlai Allah... maka pertahankanlah pernikahan itu... karena disitulah inti dari Cinta Harus memiliki...

karena cinta yang ada didalam pernikahan adalah cinta yang diridlai Allah, dan Dia selalu mengizinkan kita untuk berada didalam keindahannya untuk memiliki seseorang yang kita cintai.

Tapi apabila kita tidak yakin bahwa kita menikah dengan orang yang kita cintai... maka memohonlah kepadaNya untuk selalu memberikan rasa cinta yang indah dariNya untuk pasangan hidup kita... Karena.. boleh jadi kita tidak menyukai pasangan hidup yang Allah pilihkan untuk kita atau malahan kita merasa tidak mencintai pasangan hidup kita... tetapi yakinlah bahwa selalu ada kebaikan didalam semua perjalanan hidup yang diberikanNya untuk kita... terlebih didalam suatu pernikahan yang merupakan anugrahNya yang terindah...dan satu-satunya media yang dihalalkan olehNya untuk kita memiliki jiwa dan raga seseorang yang kita cintai.... sehingga sebagai pelaku anugrahNya... kita diharuskan untuk menemukan kebaikan tersebut dijalanNya...

Jangan dulu menyerah dalam suatu pernikahan yang diridlaiNya... bertahanlah sekuat tenaga untuk menjalani pernikahan yang diberikan olehNya... kembalikanlah semua permasalahan yang ada didalam suatu pernikahan kepadaNya... biarlah Dia yang memutuskan apa yang terbaik untuk pernikahan kita.. karena kita hanya ditugaskan untuk menjalani amanah pernikahan dariNya dengan sebaik-baiknya... dan janganlah kita menjalani pernikahan dengan sisa cinta... Itulah yang membuat timbulnya perasaan... cinta tidak harus memiliki.... sedangkan cinta haruslah memiliki.... Berhentilah untuk mencintai apabila kita tidak yakin dapat memilikinya.... karena cinta itu indah... dan halal untuk dimiliki apabila Allah meridlaiNya.. Semoga kita selalu diridlaiNya untuk mencintai pasangan hidup kita... Amin3x. (Nn)


4 komentar:

Wulandari Indah mengatakan...

tapi bkn berarti semua orang harus takut jatuh cinta..

elsyahbana mengatakan...

magsudnya ? ? ?

Wulandari Indah mengatakan...

sebagian org takut untuk jatuh cinta krn dy tau dy tak kan pernah dicintai org tsb apalagi untuk menjadi miliknya. krn sebenarny mencintai seseorang adalah hal paling indah.

elsyahbana mengatakan...

orang yang seperti itu bukannya orang yang takut untuk jatuh cinta, mungkin ada sebab lain yang membuatnya jadi tidak percaya diri untuk mencintai..!!!